Friday 8 September 2017

Ngopi Bareng Bepe

udah tau acara #ngopibarengbepe dari awal syair nge-share tapi labil mau ikut atau ngga karna udah punya buku PRIDE dan malah nunda daftar sampe akhirnya fully booked. mamps. makanya mal jangan suka nunda-nunda. yaudah deh gua pasrah, emang belom waktunya kali gua ketemu si masnya lagi.

H-1 acara #ngopibarengbepe, sebelum sholat jumat gua iseng mention @bepelovers bilang kalau ada yang cancel gua siap nampung. sempet chat bang junot juga buat minta kalau ada yang cancel, gua mau gantiin. beberapa jam kemudian adminnya bepelovers ngasih tau kalau ada yang cancel. langsung deh gua chat orangnya. terus chat bang junot buat bilang kalau peserta atas nama mayang diganti sama gua. jadi kalau bukan karna mereka gua ngga akan ikut acara ini. sekali lagi terima kasih.


2 September 2017
gua sampe edge working space jam 9 lewat dan registrasi belum dibuka padahal kalau baca di tata tertib registrasi itu dari jam 9.00 - 9.30. kalau kata sekumpulan orang yang ada di sebelah kiri gua sih, jam 9 itu kan luas, bisa jam 9 lewat berapa aja.

ngga lama kemudian, registrasi di buka. gua ada di tengah-tengah antrian dan udah pasrah kalau dapet tempat yang ngga strategis. gua registrasi urutan ke 29 dan bener aja tempat strategis udah ada penghuninya. jadi gua melipir ke ujung sebelah kanan. pikiran gua saat itu, biarin aja lah, toh nanti mas bepe bakal mobile ini. crew-crew syair yang ada hari ini juga ngga asing buat gua ada bang saif, bang zani, bang junot, bang qharry, abdi, bang bebek, bang angga, yap mereka crew jakonline.

sebelum mas bepe ngambil alih acara, bang saif lah yang ngobrol-ngobrol sama peserta. nanya syair sahabat itu apa sih? syair sahabat itu yayasan yang peduli terhadap orang dengan HIV dan AIDS terutama untuk anak-anak (maaf kalau kurang tepat ngejelasinnya). lanjut nanya paling jauh dateng dari mana. ternyata dari lampung dan cuma demi acara ini doang, alig sih. ada lagi yang bilang dari cirebon tapi pas ditanya dari kapan ke jakarta dia jawab dua bulan lalu, yak sipp. lanjut diskusi tentang umur mas bepe yang udah 37th, untuk ukuran manusia masih muda tapi untuk pesepak bola di indonesia udah cukup umur. ngobrolin gimana permainan persija di awal musim saat mas bepe ngga jadi starting XI, kehadiran beliau jadi pembeda dan bikin semua bersatu. kesimpulannya persija masih butuh mas bepe, jadi jangan pensiun dulu.

bang saif diganti sama ka amel dan dia lah yang jadi MC selama ngopi bareng bepe ini berlangsung. duh, mbanya kece nih, pasti banyak yang langsung kepoin akunnya nih, gua aja langsung liat instagramnya hahaha.

jam 10 mas bepe mulai acara ngopi bareng bepe. acaranya kan ngopi ya tapi yang punya acara malah lebih suka teh manis hangat tanpa gula a.k.a teh pait. mas bepe bawa contekan gitu dan dia nyebutnya kopean (gua ngga tau tulisan benernya gimana). terus juga dia punya dua hadiah yaitu buku ketika jemariku menari sama t-shirt brodo edisi bepe dan udah di tanda tanganin juga.

mas bepe ngasih satu pertanyaan kenapa buka pride lebih sentimentil, dijawab sama salah satu peserta namanya mas edo, dia salah satu orang yang ada di kumpulan orang sebelah kiri gua tadi, dari cibubur terus bawa anak juga dan dia bonek. yap bonek bukan the jak. jadi tau kan seberapa berpengaruh mas bepe buat supporter indonesia? sebelum dia jawab, dia ngasih statement, buat dia sampai saat ini bambang pamungkas masih menjadi kapten karna belum ada yang bisa seperti dia. gimana cara bepe mimpin timnya, ngadepin masalah di lapangan atau berbicara dengan wasit.

jawabannya dilengkapin sama mas bepe. ketika jemariku menari itu "mentah", ejaannya salah, ngga ada paragraf, sedangakan PRIDE lebih di perhatikan hal-hal seperti itu. di buku ketika jemariku menari mas bepe cuma mau nunjukin gimana sih cara dia bisa sampe sekarang dan dia cuma mau buktiin kalau ngga harus jadi sempurna dulu buat memulai, jadi jangan pernah takut untuk memulai. PRIDE lebih ke cerita mas bepe ketika sukses, gimana dia menghadapi masalah yang ada di tim, dll.

mas bepe punya tiga puisi, dia minta salah satu peserta buat bacain dan dibacain sama cewe yang dari lampung tadi. setelah selesai baca dia dapet buku ketika jemariku menari ditambah puas banget foto-foto. lucky you.

mas bepe cerita kalau dia mungkin pemain bola yang paling gila, sering teriak-teriak di kamar, "tanya aja sama ismed" karna dia yang paling lama bareng masnya jadi udah "kenyang" sama kelakuan aneh mas bepe. bahkan anak masnya bilang gini ke mba dewi, "mom, I think you married wrong person. he is crazy" njirr anaknya aja bilang gitu.

mas bepe juga ngasih tau alasan kenapa selama ini dia non aktifin kolom komentar di instagram. karna setiap dia post pasti ada yang setuju atau ngga. nah mereka pasti ribut dan mas bepe ngga mau nyedain tempat itu. jadi kata dia kalau suka tinggal like kalau ngga ya lewatin aja. makasih loh mas udah mau ceritain tentang itu, karna gua salah satu yang penasaran kenapa sih kolom komentarnya di non aktif.

di sela-sela cerita pasti ada saatnya mas bepe itu sombong atau pamer tapi buat gua itu ngga ngebikin iri, malah jadi ketawa. sering keceplosan pake bahasa inggris juga, mungkin karna kebiasaan ngomong di rumah kali ya.
K - P + R = S
mas bepe ngasih rumus sukses yaitu KPR, gua kira mah kelompok penerbang roket, tapi bukan itu. K itu Kita, P itu Permasalahan, R itu Reaksi. jadi kita ketika ada permasalahan pasti reaksinya beda-beda, nah itu yang nentuin gimana sukses atau ngganya.

mestinya acara kali ini ada bang andritany juga tapi dia dipanggil timnas untuk pertandingan lawan fiji. mungkin di acara selanjutnya dan ngga menutup kemungkinan pemain lain juga ikut, karna mas bepe ingin yang lainnya juga bisa berbagi cerita.

ada salah satu peserta yang nanya gimana sih pendapat mas bepe tentang the jakmania yang berKTA dan non KTA. kurang lebih gini jawaban mas bepe, tujuan adanya KTA itu agar lebih terdata, jadi ketika ada masalah kita tau itu anggota atau bukan dan kenapa yang berKTA lebih mendapatkan perlakuan yang lebih baik ya karna mereka anggota. supporter itu area abu-abu apalagi di jakarta, di persija aja ada pemain dari aceh sampe papua. gampang di adu domba dan banyak yang nyamar lah.

buat gua pribadi, ngga masalah sih kalau KTA lebih diistimewakan dan ngga masalah juga kalau orang itu ngga mau bikin KTA. yang rese itu udah ngga mau bikin KTA tapi mau perlakuan sama kaya yang punya KTA. kenapa selama ini gua belom bikin KTA ya karna gua belom merasa seloyal dan semilitan the jakmania yang lain, mungkin nanti gua akan bikin.

pertanyaan tadi jadi penutup acara kali ini. selanjutnya acara foto bareng mas bepe. setiap peserta punya waktu 20 detik untuk foto dan kalau mau selfie udah masuk ke waktu tersebut, jadi bener-bener buru-buru banget. siapa coba yang bisa nolak ketika dapet kesempatan selfie bareng mas bepe? bahkan yang suka koar-koar "anti selfie selfie club" kalau dapet kesempatan ini juga pasti ngga akan nolak. di tiga kali kesempatan foto bareng mas bepe (tahun 2012, tahun 2014, sekarang) semuanya masih aja gemeteran,  foto ngga ngeblur aja udah syukur.


sebelum selfie itu terjadi, pas lagi ngantri ada yang nyolek gua dan nanya, "anak satas ya? malinda kan?" dan gua lupa banget namanya tapi gua tau dia juga anak satas. duh, sebenernya tuh ngga enak banget ada di situasi ini, terkesan sok banget jadinya tapi gua emang beneran lupa karna ngga pernah sekelas. ternyata di urutan registrasi kita atas bawah, gua nomer 72 dia nomer 73 dan namanya ucy. maaf ya. dia juga udah lama kenal anak-anak bepelovers tapi akhir-akhir ini jarang ikut. terus dia pernah liat gua ada di foto anak jakragunan. kalau kaya gini tuh gua ngerasa dunia kecil, karna kita saling kenal satu dan lainnya.

kan setelah selfie itu gua juga minta fotoin sama salah satu crewnya tapi ngeblur karna hp gua tuh harus di ketuk dulu layarnya biar fokus. satu-satunya harapan adalah foto yang di kamera crew syair, masalahnya gua belom dapet infonya nih. kan katanya bakalan di email. sampe akhirnya pas hari minggu gua nanya sama salah satu crew dan kata dia udah di taro google drive dari kemarin, langsung deh gua minta linknya. jadi bukannya belom di share tapi emang guanya aja yang ngga dapet info, mungkin ke skip. dan ini fotonya.


balik lagi ke hari sabtu, ketika para crew syair bilang kalau udah foto satu persatu sama mas bepe bisa langsung pulang karna acara udah selesai. eh si masnya yang malah minta foto bareng peserta yang hadir di #ngopibarengbepe kali ini. jadi kita nungguin lagi deh. kan mau foto di tempat tadi tapi ngga muat dan cahayanya kurang. akhirnya kita ke area parkiran dan ini lah fotonya, gua ngga punya foto aslinya dan di link google drive yang di share pun ngga ada foto-foto ini.


ada sepenggal kalimat di caption mas bepe yang bikin gua mau komentar "sangat menyenangkan melihat masih banyak anak-anak muda yang masih memiliki kepedulian terhadap sesama." gua yakin banyak dari peserta yang ikut acara ini bukan karna peduli terhadap sesama tapi karna mau ketemu mas bepe hahaha.


acara selesai jam 1, terus pas gua lagi mau naik gojek, mobil mas bepe keluar dari parkiran dan gua bilang ke driver gojeknya, "tunggu sebentar ya pak, saya mau liat mobilnya bepe keluar", hahaha geblek ya. saat itu dia ngga pake mini cooper tapi pake mobil warna putih. setelah itu gua baru berangkat ke kampus deh.

terima kasih mas bepe untuk sharingnya. terima kasih syair sahabat udah bikin acara ini. makasih buat semua crew yang bertugas.

p.s.
bentar mau pamer dulu 



dapet like sama mas bepe aja gua langsung jejingkrakan. makasih loh mas. iya saya tau foto yang di like bukan punya saya aja.


tapi di dua postingan setelah foto ini ada komen yang bikin gua bilang "anjir". liat aja bang kalau kita ketemu lagi, palingan gua yang kena ledekan lagi hahaha.

dan gua jadi punya buku PRIDE dua nih, di jual lebih dari harga normal juga kayanya laku ya apalagi ada tanda tangannya~



No comments:

Post a Comment